Anies Minta Plt Gubernur DKI Moratorium Penggusuran hingga Ada Gubernur Baru

58edd262-dabb-41e6-a97c-3d94d26d4ce1

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta untuk menghentikan sementara (moratorium) penggusuran hingga gubernur baru terpilih nanti. Anies mengatakan penggusuran yang terjadi saat ini masih perlu kajian yang lebih mendalam.

“Kami mengatakan cukup kan penggusuran itu, hentikan itu karena ada 300 tempat di sana. Kami Minta Plt jangan lakukan penggusuran sampai gubernur baru terpilih,” ujar Anies di Ancol Baru, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (24/12/2016).

Anies menuturkan bahwa penggusuran bukanlah solusi. Dia mengatakan akan melakukaan penataan yang lebih manusiawi.

“Saya katakan pada Pak Gubernur yang cuti, penggusuran cara kuno. Yang baru peremajaan kota. Peremajaan dirapikan, dibuat nyaman dan diperbaharui. Bukan digusur tapi dibuat lingkungan yang sehat yang baik,” katanya.

Dia tidak menampik bahwa tidak semua wilayah dapat dipertahankan. Wilayah di tepi sungai yang membuat banjir dan dangkal menurutnya tetap harus direlokasi.

“Ada yang harus pindah. Misalnya di pinggir sungai. Dari 8 meter lebarnya jadi 2 meter lebarnya. Maka airnya banjir. Karena sungai, begini harus pindah. Tapi tetap dimanusiakan,” pungkasnya. (Lintas – News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s