3 Fakta Unik Permen Candy Cane Khas Natal

a5414469-189c-44a9-98c6-a5344b66f48d

Jakarta – Candy Cane, permen tongkat manis biasa disajikan sebagai camilan dan hadiah di hari natal. Selain manis, permen ini punya fakta unik.

Candy Cane, permen berbentuk tongkat dengan warna putih merah yang identik sebagai sajian natal Amerika. Permen ini punya peppermint manis menyegarkan.

Permen ini sudah berada sejak berabad-abad tahun yang lalu. Awalnya permen ini, berbentuk lurus dengan teksur yang keras sehingga sulit untuk dimakan. Namun, dari waktu ke waktu permen ini berubah menjadi bentuk tongkat dengan bagian atas sedikit melengkung.

Menurut lintasmedia.com (25/12/16), berikut 6 hal unik tentang Candy Cane yang belum mungkin belum Anda ketahui.

1. Asal Candy Cane masih menjadi misteri

Permen ini telah populer selama lebih dari tiga abad, akan tetapi beberapa pemerhati agama kristiani menganggap bahwa warna putih yang berda di dalam batang permen merupakan lambang dari kesucian Yesus. Warna merahnya berasal dari merahnya darah dengan bentuk menyerupai huruf J sebagai inisial nama Jesus.

Hingga detik ini, penjelasan tersebut dianggap sebagai mitos belaka. Sedangkan cerita yang lebih umum di degar adalah bahwa candy cane diciptakan agar anak-anak yang berada di dalam gereja ketika misa natal dimulai menjadi lebih tenang dan tidak berisik. Permen ini dikabarkan dibuat seperti tongkat gembala.

2. Candy Cane dulunya hanya berwarna putih

Pada awal kemunculannya permen ini hanya berwarnakan putih polos tanpa warna merah ikoniknya. Namun pada pergantian abad 19, ke abad 20, garis-garis merah mulai muncul pada permen ini entah dari mana.

Sebagian besar, mengungkapkan bahwa asal warna merah dari dekorasi natal yang identik dengan warna merah sehingga permen memiliki tampilan yang lebih meriah.

3. Hanya menggunakan 3 bahan

Candy Cane dibuat hanya dengan menggunakan 3 bahan. Bahannya pun terbilang sederhana, hanya gula, sirup jagung, dan beberapa penyedap. Namun proses pembuatannya cukup rumit, dan membutuhkan alat-alat besar yang hanya bisa ditemukan di pabrik sehingga sulit untuk membuatnya sendiri di rumah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s