Mengenang Jasa Riyanto Pahlawan Malam Natal

keepo-me-355273_620

Gerakan Peduli Pejuang Republik Indonesia (GPPRI) menobatkan Riyanto sebagai pejuang kemanusiaan. Selain memberikan piagam pejuang kemanusiaan, GPPRI juga memberikan santunan kepada keluarga Riyanto.

Riyanto merupakan anggota Barisan Anshor Serbaguna (Banser) yang meninggal dunia akibat ledakan bom pada saat Misa Natal di Gereja Eben Haezer, Mojokerto, Jawa Timur, 16 tahun silam.

Bantuan diberikan oleh Ketua Umum GPP-RI, Martudji, serta Piagam Pejuang Kemanusiaan diberikan oleh Pendiri GPP-RI Aiptu Pudji Hardjanto, dan diterima oleh kedua orang tua Riyanto pada Kamis, 22 Desember 2016.

“Iya, kemarin hari Kamis kita ke rumah orangtuanya. Kami memberikan santunan dan piagam pejuang kemanusiaan. Ini sebagai rasa peduli kita,” tutur Pudji kepada LintasMediaOnline.com, Sabtu (24/12/2016).

Pudji mengatakan bahwa Riyanto adalah sosok sejati pejuang kemanusiaan yang menjalankan tugasnya dengan baik. Meski kemudian kehilangan nyawa guna memberikan perlindungan keamanan bagi umat Kristiani yang tengah beribadat di malam Natal saat itu.

“Ini sebagai contoh nyata kepedulian untuk menjaga keamanan dalam kebinekaan,” kata Pudji.

Ketua Umum GPPRI, Martudji, menambahkan acara kemarin diakhiri dengan membacakan doa untuk almarhum Riyanto dari masing-masing perwakilan agama. Doa secara Kristen dibacakan oleh Romo Alexus.

“Riyanto memang telah tiada, tetapi yang perlu kita ketahui dan patut dijadikan contoh, Riyanto mati untuk memberi hidup, khususnya kepada umat Kristen, itu seperti Yesus yang berkorban dan mati untuk umatnya,” ujar Martudji, mengutip Romo Alexus.

“Kami umat Kristen memberikan apresiasi yang sangat luar biasa,” katanya.

Riyanto gugur saat mengamankan malam Natal di Mojokerto pada 2000. Bom meledak dan tubuhnya terlempar sejauh lebih dari 100 meter.

Lelaki kelahiran Kediri, 23 November 1975 itu ditemukan meninggal dunia. Sementara, seorang rekannya sesama anggota banser menderita cacat di mata kanannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s