Waspadai Arus Liburan Akhir Tahun 2016 Menuju Pantai Pangandaran

pangandaran

Ciamis.- Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Ciamis menerjunkan 650 personil untuk pengamanan natal dan tahun baru 2017. Gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya 2016 yang diikuti personil gabungan berlangsung Kamis, 22 Desember 2016 di Lapangan Lokasana Ciamis.

Selain melakukan pengamanan gereja, kegiatan serupa juga dilakukan terhadap objek vital. Pengamanan arus lalu lintas dilakukan mulai dari wilayah perbatasan Ciamis Tasikmalaya hingga wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Seluruh personil sudah dipersiapkan untuk pengamanan natal dan tahun baru. Selain objek vital dan tempat ibadah, kami melakukan pengamanan jalur hingga Kabupaten Pangandaran. Saya berharap masyarakat juga meningkatkan kewaspadaan,” tutur Kapolres Ciamis Didi Hayamansyah, usai gelar pasukan.

Untuk pengamanan jalur, Polres Ciamis mendirikan pos pemantau dan pos pengatur di beberapa lokasi strategis. Didi mengatakan salah satu titik rawan kemacetan terdapat di wilayah Pangandaran, terkait dengan paska putusnya jembatan Putrapinggan beberapa waktu lalu.

“Tititk kerawanan lalu lintas begitu panjang , beberapa diantaranya kerawanannya cukup tinggi. Salah satunya, rawan terjadi kemacetan arus lalu lintas di sekitar Jembatan Putrapinggan yang saat ini masih memergunakan jembatan darurat. Hal itu memiliki tingkat kerawanan tersendiri,” katanya.

Mengantisipasi kemacetan parah, pihaknya juga minta agar pemberlakuan batas atau tonase maksimal kendaraan mendapat perhatian lebih. Alasannya pada saat menjelang tahun baru, arus lalulintas menuju Pangandaran sangat padat. Hal tersebut berdasar pengalaman sebelumnya, setiap menjelang tahun baru arus lalu lintas menuju kawasan wisata Pangandaran meningkat tajam.

“Kami harus sedari awal mengambil langkah antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di sekitar jembatan darurat Putrapinggan. Jembatan harus dijaga bersama , setidaknya soal tonase kendaraan yang melintas,” tutur Didi Hayamansyah.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s