Presiden Jokowi Menepis Isu Reshuffle Kabinet pada Akhir Tahun

reshufle-kabinet

Jakarta – Presiden Joko Widodo kembali menepis kabar perombakan (reshuffle) kabinet dalam waktu dekat ini.

Isu ini belakangan beredar menyusul dukungan yang disampaikan oleh sejumlah partai politik pada pemerintah.

“Nggak ada. Nggak ada, sudah,” tegas Presiden Jokowi saat menyaksikan pengecoran akhir atap atau topping off Wisma Atlet Asian Games XVIII di Kemayoran, Jakarta, Kamis (29/12).

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga telah memberikan bantahannya soal rumor tersebut. Hal dikemukakannya saat melakukan kunjungan kerja meninjau korban banjir bandang di Bima, Nusa Tenggara Barat, pada Rabu kemarin.

Kabar akan dilakukannya reshuffle kabinet berhembus kencang setelah mantan Ketua DPR RI Ade Komarudin menyatakan akan mempertimbangkan jika ada tawaran untuknya masuk dalam kabinet pemerintahan.

Sekadar informasi, sepanjang dua tahun lebih pemerintahan Jokowi-JK sudah dua kali melakukan perombakan kabinet. Pertama dilakukan pada Agustus 2015, kemudian berlanjut pada Juli lalu.

Pada perombakan pertama, Jokowi mengubah susunan menteri ekonomi. Diantaranya dengan memasukkan Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan.

Isu perombakan kabinet saat ini berkembang menyusul semakin dekatnya hubungan Ketua Umum Partai Gerindra dengan Jokowi dalam beberapa bulan terakhir. Kedekatan ini mengndikasikan adanya rencana Jokowi memasukkan beberapa kader Gerindra dalam kabinetnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s