Car Free Night Tahun Baru Dibatalkan

Ribuan warga Kota Ambon menyambut tahun baru 2014 dengan menggelar pesta kembang api di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku, Rabu (1/1) dini hari

Jakarta – Acara Car Free Night yang sedianya meramaikan malam pergantian tahun pada Sabtu (31/12) dibatalkan. Rencananya, malam bebas kendaraan bermotor ini akan digelar di sepanjang jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“Car free night yang rencananya diselenggarakan di sepanjang Sudirman-MH Thamrin pada Sabtu dan berlangsung hingga Minggu (1/1/2017) pada pukul 02.00 itu dibatalkan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah, dikutip dari Antara, Sabtu (31/12).

Pembatalan acara car free night tersebut disebabkan karena adanya pembangunan stasiun bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) di sepanjang koridor jalan Sudirman.

“Selain itu, ada juga proyek pembangunan jalan layang lingkar simpang susun Semanggi,” ujar dia.

Dengan adanya proyek pembangunan di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin maka akan menyulitkan pihak kepolisian untuk mengamankan car free night.

“Dengan adanya kedua proyek pembangunan itu, jadi agak sulit untuk faktor keamanan,” katanya.

Saat dihubungi media, Andri mengungkapkan bahwa sampai saat ini car free night sementara dibatalkan. “Sampai saat ini keputusannya dibatalkan, tapi saya masih rapat untuk menentukan kelanjutan dan keputusan keberlangsungan acara tersebut.”

Berita pembatalan car free night ini juga diungkapkan oleh Kasubdit Penegakan Hukum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto. Budiyanto mengaku sudah menerima surat pembatalan acara tersebut.

Terkait pembatalan acara car free night, Budiyanto mengungkapkan bahwa rekayasa lalu lintas yang sedianya akan diterapkan di kawasan Sudirman-MH Thamrin itu juga tak akan dilakukan.

“Acaranya dibatalkan, jadi tidak ada rekayasa dan pengalihan lalu lintas,” ucapnya saat dihubungi, Sabtu (31/12). “Lalu lintas akan berjalan seperti biasa, tidak ada penutupan jalan di kawasan tersebut.”

“Jika car free night benar dibatalkan, maka tidak ada pengalihan arus di kawasan tersebut,” kata Andri.

Rencana awal pengalihan lalu lintas

Sebelum acara dibatalkan, ada beberapa ruas jalan yang akan dialihkan. Pengalihan lalu lintas akan diberlakukan mulai pukul 17.00 hingga pukul 02.00 dini hari. Pengalihan titik arus lalu lintas dari arah utara ke selatan terjadi di lampu lalu lintas Harmoni.

Kendaraan dari jalan Hayam Wuruk mengarah ke Merdeka Barat akan dialihkan ke Jalan Juanda menuju Pasar Baru dan melawati Jalan Gunung Sahari.

Alternatif kedua, para pengendara juga bisa menuju Jalan Merdeka Barat melalui Lapangan Banteng ke arah Merdeka timur, menuju Tugu Tani, dan seterusnya.

Kendaraan dari Jalan Veteran Raya yang berencana mengarah ke Jalan Merdeka Utara akan dialihkan ke Harmoni melalui Jalan Suryopranoto atau Jalan Gajah Mada.

Kendaraan dari Jalan Merdeka Timur yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira melewati Tugu Adipura Pasar Baru menuju Jalan Gunung Sahari.

Rute kedua, pengedara juga bisa melalui Jalan Veteran Raya menuju Harmoni lau Jalan Suryopranoto atau Jalan Gajah Mada

Kendaraan dari Tugu Tani yang ingin mengarah ke Jalan MH Thamrin akan diarahkan ke Jalan Merdeka Timur menuju Jalan Perwira, lalu melewati Pasar Baru dan seterusnya.

Sementara akses jalan menuju Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin akan diputar balik baik yang berasal dari sisi barat ke timur maupun sebaliknya.

Kendaraan dari arah Pancoran menuju Sudirman akan dialihkan ke arah selatan Jalan Jenderal Sudirman melalui Senopati dan seterusnya atau diluruskan ke arah Slipi.

Pengemudi yang berasal dari Slipi mengarah ke Jalan Jenderal Sudirman diluruskan ke arah Rasuna Said dan seterusnya.

Apabila terjadi kepadatan lalin di sekitar Semanggi maka pengalihan arus lalin akan dimulai dari Bundaran Senayan. Kendaraan dari Jalan Pattimura, Senopati, Jalan Sisingamangaraja akan dialihkan ke Jalan Asia Afrika melewati Jalan Pakubuwono.

Demikian juga arus lalu lintas dari Jalan tol akan disesuaikan dengan distribusi arus serta menyesuaikan perkembangan di lapangan.

Penutupan Jalan menuju kawasan Puncak

Berdasarkan keterangan satuan lalu lintas Polres Kota Bogor, di malam tahun baru jalur menuju kawasan puncak akan ditutup pada pukul 18.100 hingga 06.00 pagi keesokan harinya.

Penutupan jalan ini dilakukan guna menghindari hambatan dan meluapnya jumlah kendaraan bermotor yang hendak menuju kawasan Puncak di pergatian tahun baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s