Tertinggal Duluan, MU Akhirnya Kalahkan Middlesbrough

7b8375e4-86ad-4c70-80d2-613e27d156d4_169

Manchester – Manchester United bangkit dari ketertinggalan atas Middlesbrough di laga penutup tahun 2016. ‘Setan Merah’ akhirnya menang 2-1.

Pada pertandingan pekan ke-19 Premier League yang juga pertandingan pamungkas di tahun ini yang dihelat di Old Trafford, Sabtu (31/12/2016) malam WIB, kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Boro unggul duluan ketika pertandingan berjalan sekitar sejam lewat Grant Leadbitter. Namun di sepuluh menit terakhir, tepatnya di menit ke-85 dan ke-87, MU berbalik memimpin 2-1 lewat gol-gol Anthony Martial serta Paul Pogba.

Tambahan tiga poin itu membuat MU menempel ketat tim-tim empat besar dengan 36 poin di posisi keenam. Mereka berselisih satu poin dari Arsenal di posisi keempat yang baru bermain besok lawan Crystal Palace.

Sementara Boro terdampar di posisi ke-16 dengan 18 poin, selisih empat angka dari Sunderland di posisi ke-18.

Jalannya Pertandingan

Middlesbrough langsung mengancam di menit-menit awal ketika Adama Traore mencuri bola dari penguasaan Ander Herrera. Traore lantas melakukan solo run hingga mendekati kotak penalti.

Ada dua rekannya yang berdiri bebas, Traore malah memilih menembak langsung namun bola masih melayang di atas mistar.

Setelah tersentak lewat serangan cepat Boro, MU kembali menguasai permainan dan mengurung tim tamu di daerah sendiri.

Di menit ketujuh crossing Henrikh Mkhitaryan menemui kepala Maourane Fellaini namun bola masih tepat di tangkapan Victor Valdes.

Crossing Mkhitaryan dari sisi kiri kembali mengancam pertahanan Boro. Kali ini bola umpan silangnya menemui Paul Pogba namun bola sepakan akrobatiknya menghantam tiang.

Semenit kemudian Pogba lagi-lagi membuang peluang yang didapatnya. Kali ini dari umpan tarik Daley Blind tapi tendangan Pogba masih tak menemui sasaran.

Di menit ke-18 Boro punya kans untuk bikin gol lewat George Friend yang tinggal berhadapan dengan gawang kosong. Tapi bek MU dengan cepat menghalau bola tersebut.

Anthony Martial menjadi pemain yang cukup aktif selepas 25 menit pertandingan ketika pergerakannya dari sisi kiri merepotkan pertahanan Boro.

Salah satu peluang didapat di menit ke-30 tapi sepakan Martial bisa ditepis Valdes. Begitu pula dengan peluang Mkhitaryan dua menit setelahnya masih melayang di atas mistar.

MU sebenarnya bisa menjebol jala Boro di menit ke-39 ketika crossing Martial disontek Ibra yang memenangi duel dengan Valdes. Namun wasit Lee Mason menganulirnya karena Ibra dianggap melanggar Valdes.

Semenit sebelumnya sepakan Martial dari jarak 35 yard digagalkan mistar gawang. Hingga turun minum skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Masuk di babak kedua MU masih mendominasi permainan. Ibrahimovic di menit ke-51 menembak ke arah gawang tapi Valdes bisa menepisnya.

Empat menit setelahnya giliran Alvaro Negredo mendapat umpan Adam Forshaw dan berhadapan dengan gawang MU, namun sepakannya diadang De Gea.

Martial dari sisi kiri masih jadi cara MU untuk membongkar pertahanan Boro. Satu kesempatan dipunya Martial pada menit ke-65 tapi bola sepakannya mengarah tepat ke pelukan Valdes.

Semenit setelahnya Boro malah berhasil menjebol jala David De Gea lewat sebuah serangan balik. Dari sisi kanan, Boro menyerang lewat Calum Chambers yang mengirim umpan silang ke tengah dan disundul oleh Negredo.

Bola jatuh di kaki Grant Leadbitter yang melepaskan sepakan ke tiang jauh tanpa bisa dihalau De Gea. Boro memimpin 1-0.

Tak lama setelah gol itu MU langsung menggebrak lewat serangan sayap yang lagi-lagi menembus pertahanan Boro. Tapi Valdes bisa menepis tembakan Ibrahimovic.

MU terus menggempur pertahanan Boro namun beberapa peluang yang didapat selalu mentah di tangan Valdes.

Sampai akhirnya di menit ke-85 MU berhasil menyamakan skor jadi 1-1 lewat Martial. Mendapat umpan panjang Pogba, Ibrahimovic menyundulnya ke jalur Martial yang lantas menuntaskan dengan sepakan keras ke gawang Valdes.

Hanya selang dua menit kemudian MU berbalik unggul 2-1 atas Boro. Kerja keras Mata membangun serangan dari sisi kanan dituntaskan dengan umpan silang dan bola disundul Pogba untuk menjebol jala Valdes.

Hingga laga berakhir, skor 2-1 tetap bertahan untuk kemenangan MU.

Susunan Pemain

Man Utd: De Gea; Valencia, Bailly, Smalling (Rashford 72′), Blind (Rojo 64′); Herrera, Fellaini (Mata 64′), Pogba; Martial, Ibrahimovic, Mkhitaryan.

Middlesbrough: Valdes; Chambers, Espinosa, Gibson, Friend; Traore (Fabio 82′), Forshaw, Leadbitter, De Roon, Downing (Ramirez 63′); Negredo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s