Antisipasi Arus Balik, Menhub Buat Skenario Pengalihan Lalu Lintas Exit Brebes Timur

brebes

Brebes – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuat skenario umtuk antisipasi macet di Tol Brebes Exit Timur (Brexit). Pengalihan arus dilakukan di Tol wilayah Brebes hingga buka tutup untuk Tol Jakarta-Cikampek.

Budi Karya mengatakan, akan membuat Pintu Tol Brebes Barat dan Brebes Timur satu arah. Pintu Tol Brebes Barat sebagai pintu masuk Kabupaten Brebes dan Pintu Brebes Timur menjadi pintu keluar wilayah Brebes.

“Pak Kapolda ada skenario di Brexit ini dua jalur. Itu pun dengan mekanisme kecepatan pintu yang tinggi. Tapi kalau nanti dua jalur ini dianggap kurang mampu, dijadikan empat jalur. Jadi Brexit itu satu arah, Brebes Barat satu arah, muter,” kata Budi saat sidak di Gerbang Tol Brexit, Brebes, Minggu (1/1/2017).

Kemudian di Tol Jakarta-Cikampek, akan diberlakukan bukan tutup jika terjadi lonjakan volume kendaraan. Salah satunya buka tutup akan diberlakukan di Pintu Tol Cikarang Utama.

“Nah, skenario 2 yang terjadi itu di Cikarang. Karena apa? Karena sebagian Bandung rusak, sebagian lewat sini (Cikarang Utama),” pingkas Budi.

“Cikarang Utama akan buka tutup. Memang kita sudah izin dengan Jasa Marga. Just in case itu ada masalah, itu mesti kita lepas secara perlahan,” imbuhnya.

Selain itu juga, Budi mengimbau masyarakat yang hendak ke Jakarta atau ke Brebes melewati jalur Pantai Utara. Hal tersebut menghindari penumpukan kendaraan di Tol Pejagan-Pemalang menuju Brebes maupun menuju Jakarta.

“Kita mengharapkan sebagian arus mudik ini bisa menggunakan jalur Utara. Dilihatlah, begitu sampai sini kelihatnya agak berat, ya lurus ke Pantura,” kata Budi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s