Kapal Terbakar Dekat Muara Angke, Kasudin PKB: 5 Orang Tewas

568719_620

Jakarta – Korban meninggal dalam insiden terbakarnya kapal Zahro Express di perairan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, bertambah menjadi lima orang. Selain itu, sekitar 20 penumpang belum ditemukan.

”Informasi sementara ada lima korban jiwa,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Bencana (Sudin PKB) Kabupaten Kepulauan Seribu Edi Rudiyanto. Namun dia mengaku sedang mengecek ke lokasi untuk memastikan jumlah korban.

Menurut Edi, berdasarkan informasi terakhir yang diterimanya, ada sekitar 100 orang selamat tapi harus mendapat perawatan di rumah sakit. Ada pula 20 penumpang yang belum ditemukan. Sebelumnya, disebut ada 182 orang yang selamat dan 17 orang dalam pencarian.

Saat ini, kapal penumpang yang semula menuju Pulau Tidung itu sudah ditarik ke pelabuhan. Kondisinya hampir semuanya hancur karena dilalap api.

Mengenai penyebab kebakaran, Edi mengatakan belum bisa memastikannya. “Belum diketahui,” ucapnya. Namun, api diduga dipicu oleh korsleting listrik yang berasal dari ruang mesin.

Kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, sekitar pukul 08.50 WIB, dan terbakar setelah 15 menit berlayar atau sekitar satu mil laut (sekitar 1,8 kilometer) sebelah barat Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke. Munculnya api membuat kepanikan sehingga ada penumpang yang memilih terjun ke laut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s