BI Memprediksi Pertumbuhan Ekonomi 2017 Bisa Naik di Atas Lima Persen

331136_gubernur-bi-agus-martowardojo_663_382

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2017, dapat meningkat dan berada di atas angka lima persen. Perkiraan tersebut didasari lantaran pertumbuhan ekonomi Tanah Air selama ini selalu berada di angka lima persen.

Menurut Gubernur BI, Agus Martowardojo, berkaca pada tahun 2016 melihat kondisi yang lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya. Di mana saat itu harga komoditi andalan Indonesia untuk ekspor menunjukkan kondisi lebih baik harganya.

“Volume penjualannya juga cukup baik. Kita harapkan akan menjadi awal 2017 yang baik. Sehingga 2016 pertumbuhan masih di 5 persen, tapi 2017 akan ada di antara 5-5,4 persen,” ujar Agus di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Jumat 6 Januari 2017.

Di samping itu, Agus juga mengapresiasi capaian positif lainnya, di mana defisit penerimaan negara yang tetap terjaga sebesar 2,46 persen atau di bawah target defisit sebesar 2,7 persen.

Menurutnya, kondisi itu menunjukkan fiskal terjaga meski tetap harus berhati-hati dan mempelajari bagaimana dampaknya fiskal terbatas pada pertumbuhan ekonomi. “Jadi kita masih dalam proses untuk melakukan klarifikasi dan update,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s