Indonesia Dinilai Belum Siap Hadapi Pesatnya Perkembangan Dunia Maya

56173b6224a9d5d1398b4567

Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon, menganggap pemerintah dan masyarakat Indonesia belum siap dengan perkembangan dunia siber yang semakin maju. Ketidaksiapan itu tampak dengan diblokirnya sejumlah situs berita oleh pemerintah yang dinilai tidak sesuai kaidah pers.

Selain itu, kini banyak berkembang berita-berita bohong (hoax) yang beredar di media sosial. “Ini ada satu fenomena baru. Kita seolah tidak siap menjalani masa-masa yang di negara lain bahkan sudah lebih dulu dan sudah selesai masa turbulensi,” ujar Effendi dalam Diskusi Polemik Sindo Trijaya di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1/2016).

Politikus PDI Perjuangan itu menilai pemerintah sebagai regulator dan para pengguna media sosial seperti sedang “berkontraksi”. Pasalnya, sangat sulit mengatur masyarakat sebagai pengguna internet dan media sosial dengan belum adanya aturan yang jelas.

“Kalau pertanyaan mengatur, maka bagaimana caranya mengatur orang bicara di dunia maya, karena di dunia nyata saja pemerintah mengatur kurang tepat. Di masa sekarang orang diatur itu sulit,” ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s