Persiapan Pilkada Serentak 2017, Polri Gelar Rapim Selama 3 Hari

polri-pilkada

Jakarta – Dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2017 yang berlangsung 15 Februari 2017, Polri menggelar rapat pimpinan dengan tema “Polri yang Promoter Siap Mengamankan Pilkada Serentak 2017”.

Acara tersebut digelar di Auditorium STIK-PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan selama tiga hari dari tanggal 25 hingga 27 Januari 2017.

tampak hadir Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan sejumlah Pejabat Utama Polri. Selanjutnya Kapolda di seluruh Indonesia hingga Perwira Tinggi Polri.

Selain itu juga hadir sejumlah Menteri dan Ketua Lembaga seperti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Bahkan Presiden Joko Widodo juga diagendakan hadir sekira pukul 09.00 WIB untuk memberikan pengarahan dalam rapim ini.

Asisten Kapolri Bidang Operasi Irjen Unggung Chayono sebagai penanggung jawab acara rapim menjelaskan ada beberapa hal yang ingin dicapai dari rapim ini nantinya. Pertama teridentifikasinya ancaman kamtibmas khususnya dalam penyelenggaran Pilkada, kedua mampu menghadapi intolenrasnsi dan konflik sosial yang dapat menganggu jalannya penyelenggaran Pilkada Serentak 2017.

“Yang ketiga terwujudnya persamaan persepsi guna mengoptimalkan operasi kepolisian untuk Pilkada. Lalu terwujudnya sinergisitas di wilayah antara Polda dan pemangku kepentingan untuk menghadapi intoleransi dan konflik sosial di Pilkada Serentak 2017, selanjutnya terciptanya situasi kambtimbmas yang kondusif,” papar Unggung dalam acara pembukaan rapim, Rabu (25/1/2017).

Selain itu, terang mantan Kapolda Metro Jaya ini, selama rapim, 399 perserta akan diberikan pembekalan oleh berbagai narasumber.

“Dari internal Mabes Polri ada 15 orang, dari pihak eksternal ada 11 orang yakni Presiden Jokowi, Menko Polhukam, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Ketua DKPP,” paparnya.

Dalam acara pembukaan rapim Polri ini juga dilaksanakan penandatangann 9 MoU antara Polri dan Kementrian Lembaga dan pemberian penghargaan kepada Polda berprestasi

“Khusus dengan TNI akan dilakukan MoU tentang penghentian kekerasan fisik dalam rangka menangai konflik sosia,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s