FPI Sepakat Tidak Turun ke Jalan Saat Aksi 112

20170116-kapolda-metro-jaya_20170116_061748

Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan memastikan Front Pembela Islam (FPI) telah sepakat tidak turun ke jalan saat aksi Sabtu (11/2/2017) lusaIriawan menjelaskan, pimpinan FPI Rizieq Shihab telah sepakat untuk tidak turun ke jalan atau long march saat aksi yang disebut 112 itu. Dari surat tanda terima pemberitahuan yang diterima polisi dari Forum Umat Islam, massa akan berkumpul di Masjid Istiqlal untuk Salat Subuh.

“Rizieq sudah sepakat untuk mengubah long march jadi keagamaan,” ucap Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2017).

Iriawan menegaskan, yang disampaikan Sekjen Dewan Syuro DPD Front Pembela Islam Jakarta Habib Novel Bamukmin, bahwa aksi akan tetap dilakukan, tidak benar.

“Yang disampaikan Habib Novel itu, enggak,” ujar Iriawan.

Iriawan memastikan, selain FPI, sudah ada beberapa organisasi masyarakat yang sepakat untuk tidak turun ke jalan. Tapi, tetap melangsungkan kegiatan keagamaan di Masjid Istiqlal.

“Ada beberapa kelompok yang sudah sepakat dengan kami untuk tidak turun ke jalan, di antaranya FPI. Terima kasih FPI enggak turun ke jalan, kita akan atur jangan berkelompok,” sambung Kapolda.

Polda Metro Jaya memiliki strategi untuk menangani rencana aksi 112, jika Forum Umat Islam tetap menggelar agenda pengerahan massa.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono menegaskan, Polda Metro Jaya tidak mengizinkan aksi pengerahan massa turun ke jalan pada 11 Februari 2017.

Hal itu sesuai pasal 6 UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang menyampaikan pendapat di muka umum yang mengganggu ketertiban tidak diperbolehkan dan pasal 15 UU Nomor 9 Tahun 1998, maka petugas dapat membubarkan aksi itu.

FUI mengirimkan surat pemberitahuan rencana aksi 112 ke Polda Metro Jaya, namun pihak kepolisian tidak mengeluarkan izin karena pertimbangan potensi gangguan kamtibmas menjelang Pilkada DKI yang akan digelar secara serentak pada 15 Februari 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s