Cara Menghemat Biaya Catering Pernikahan dan Beberapa Rekomendasi Wedding Catering di Jakarta

51287969_370299717129102_3457158000154926641_n1

Pernikahan merupakan momen sekali seumur hidup yang tentunya akan kita kenang sepanjang hayat. Karena itu, pastikan kamu sudah merencanakan semua aspeknya dengan serius untuk hasil yang lebih sempurna dan berkesan. Makanan adalah salah satu komponen penting yang sangat menentukan kesempurnaan di hari bahagiamu. Penyajian makanan yang bagus dan dengan rasa yang lezat tentunya membuat para tamu undangan tak akan kecewa hadir di hari pernikahanmu.

Namun bukan berarti sebagai alasan kamu harus menghambur-hamburkan uang untuk menggelar pesta pernikahan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghemat budget pernikahan kamu. Salah satunya dengan memilih paket katering all in dan Wedding organizer.

Hampir semua katering di Indonesia saat ini sudah menawarkan paket pernikahan all in yang sudah termasuk dekorasi, rias dan busana, serta pembawa acara di resepsi pernikahan kamu. Paket pernikahan tersebut akan lebih efisien untuk para calon pengantin untuk menghemat biaya serta waktu. Berikut kami berikan cara enghemat biaya catering dalam pernikahan dan rekomendasi vendor Catering Pernikahan di Jakarta yang murah di daerah JABODETABEK yang bisa jadi inspirasi kamu untuk menyiapkan acara pernikahan kamu.

1. Batasi Jumlah Tamu Undangan
Hal mendasar dalam menghemat budget hidangan adalah dengan membatasi jumlah undangan kamu. Dengan jumlah tamu yang sedikit, resepsimu juga bakal terasa lebih akrab dan intim. Cukup dengan mengundang kerabat dan sahabat yang jenal dekat dengan kamu dan pasangan.

2. Hitung Jumlah Porsi Hidangan
Untuk menentukan jumlah porsi yang dibutuhkan, cara gampangnya adalah jumlah tamu undangan dikalikan dua. Karena, tamu undanganmu pasti membawa gandengan saat kondangan. Sebagai contoh, jika undanganmu 500 orang, maka jumlah hidangan yang perlu dipesan adalah 1.000 porsi untuk berjaga-jaga agar tidak kekukarangan pada hari Acara digelar.

Berhubung tamu yang hadir jarang sekali bisa hadir semuanya, kamu bisa mengurangi jumlah porsi sekitar 10% dari jumlah total. Tentunya, ini bukan angka yang susah. Selanjutnya adalah mengalokasikan jumlah porsi tersebut ke dalam hidangan prasmanan (buffet) dan gubukan (stall). Rasio buffet:stall yang umum adalah 60:40 atau 50:50. Jadi, jika kamu memesan 1.000 porsi, maka contoh alokasi hidangannya adalah 600 porsi buffet dan 400 porsi stall.

3. Cermat Dalam Pemilihan Menu Untuk Menekan Biaya
Untuk menghemat biaya catering per porsinya, kuncinya adalah menu yang tepat. Pada menu buffet misalnya, pilihlah ayam atau ikan yang bertulang alih-alih menu fillet. Pasalnya, filet lebih mudah dimakan sehingga tamu undangan mu akan menghabiskan lebih banyak. Begitu juga dengan menu stall. Ada berbagai pilihan menu dari yang murah seperti siomay, soto, dan sate hingga yang mahal seperti steak ikan dan kambing guling. Untuk menghemat budget, kamu tentu sudah paham kan mesti pilih yang mana saja

4. Kurangi Ragam stall dan perbanyak porsinya
Pihak catering Jakarta umumnya menyediakan pilihan menu stall yang beragam. Tapi, daripada mengeluarkan terlalu banyak ragam menu stall dengan jumlah porsi yang terbatas, lebih baik membatasi 3-4 jenis makanan saja, tapi porsinya banyak. Sebab jika ragamnya terlalu banyak, tamu akan tergoda untuk mencicipi semuanya. Kasihan, kan, kalau ada sebagian tamu yang nggak kebagian.

Setelah membaca ke-empat tips dalam menghemat biaya untuk catering pernikahan, selanjutnya kami akan memberi tahu bagaimana memilih Wedding Organizer yang baik. Tugas lain dari Wedding Organizer adalah memberikan banyak sekali pilihan vendor yang akan membantu memperindah pesta pernikahanmu. Wedding Organizer mengerti mana saja vendor yang bagus dan tentunya memberikan promo-promo yang menarik. Kebanyakan Wedding Organizer akan menjadi jembatan antara konsumen dengan vendor yang terlibat.

Biasanya para Wedding Organizer akan mengenalkan dulu konsumen pada vendor yang ada. Lalu Wedding Organizer akan memberikan kontak dan informasi vendor supaya para calon mempelai bisa mendisukusikan dengan vendor itu. Koordinasi biasanya juga diserahkan pada pihak jasa Wedding Organizer.

Hal ini tentunya akan meringankan dan mempermudah pengantin dalam memilih vendor.Sebagai orang yang sudah biasa menangani pesta pernikahan, biasanya para Wedding Organizer sudah tahu bagaimana cara membantu calon pengantin dalam menghemat biaya.

Contohnya dalam pengeluaran catering Surabaya. Para calon mempelai harus benar-benar menghitung dengan tepat berapa saja tamu undangan yang aka hadir, agar soal makanan tidak terjadi kekurangan. Para calon pengantin juga dituntut untuk jujur dalam hal budget yang disipkan untuk pesta pernikahan ini. Nah, kamu bisa memilih salah satu Wedding Organizer yang bagus dan berkualitas di Jakarta yaitu Berkah Enterprise. Kamu bisa cek langsung testimoni nya di website kami dan instagram kami Berkah Enterprise. Terimakasih sudah menyimak artikel kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s