4 Langkah Cerdas Untuk Menghemat Biaya Catering Pernikahan di Jakarta

50323493_2018570554925410_8617243432882012160_n

Pesta pernikahan adalah kesempatan bagi para tamu undangan untuk bersantap sepuasnya. Maklum, karenadisaat pesta pernikahan semua makanan nya pasti enak dan gratis sesuka kita. Hal ini tentu membuat beberapa tamu undangan menyadari bahwa catering untuk sebuah pesta pernikahan pastilah menelan biaya yang nggak sedikit. Apalagi, kalau tamu yang datang terkadang membawa sanak keluarga.

Setelah ditelusuri tahu lebih jauh, anggaran untuk hidangan tamu memanglah cukup besar. Paling tidak, 30-40 persen dari total budget untuk pesta pernikahan bakal masuk ke dalam pos ini. Tapi, bukan berarti pengeluaran ini tidak bisa ditekan, lho. Nah, kalau kamu ingin mengadakan pernikahan yang sederhana dan terjangkau, begini tips menghemat biaya catering di Jakarta agar pengeluaran untuk resepsimu jadi lebih murah.

1. Membatasi jumlah tamu undangan
Hal mendasar dalam menghemat budget hidangan adalah dengan membatasi jumlah undangan kamu. Dengan jumlah tamu yang sedikit, acara resepsimu juga bakal terasa lebih akrab dan intim. Cukup undang kerabat dan sahabat yang dikenal dekat dengan kamu dan pasangan.

2. Hitung jumlah porsi hidangan
Untuk menentukan jumlah porsi yang dibutuhkan, rumus gampangnya adalah jumlah tamu undangan dikalikan dua. Soalnya, tamumu pasti bawa gandengan saat kondangan. Sebagai contoh, jika undanganmu 500 orang, maka jumlah hidangan yang perlu dipesan adalah 1.000 porsi. Berhubung tamu yang hadir jarang sekali mencapai 100%, kamu bisa mengurangi jumlah porsi sekitar 10%. Tentunya, ini bukan angka baku. Kalau kamu mengundang teman-temanmu secara online, kamu mungkin justru harus menambah porsi.

Selanjutnya adalah mengalokasikan jumlah porsi tersebut ke dalam hidangan prasmanan (buffet) dan gubukan (stall). Rasio buffet:stall yang umum adalah 60:40 atau 50:50. Jadi, jika kamu memesan 1.000 porsi, maka contoh alokasi hidangannya adalah 600 porsi buffet dan 400 porsi stall.

3. Cermati pilihan menu untuk menekan biaya
Untuk menghemat biaya catering per porsinya, kuncinya adalah menu yang tepat. Pada menu buffet misalnya, pilihlah ayam atau ikan yang bertulang alih-alih menu filet. Pasalnya, filet lebih mudah dimakan sehingga tamumu bakal menghabiskan lebih banyak.

Begitu juga dengan menu stall. Ada berbagai pilihan menu kudapan, dari yang murah seperti siomay, soto, dan sate, hingga yang mahal seperti steak ikan dan kambing guling. Untuk menghemat budget, kamu tentu sudah paham mesti pilih yang mana, kan?

4. Kurangi ragam stall dan perbanyak porsinya
Pihak catering pernikahan di Jakarta umumnya menyediakan pilihan menu stall yang beragam. Tapi, daripada mengeluarkan terlalu banyak ragam menu stall dengan jumlah porsi yang terbatas, lebih baik batasi 3-4 jenis makanan saja, tapi porsinya banyak. Sebab jika ragamnya banyak, tamu akan tergoda untuk mencicipi semuanya. Kasihan, kan, kalau ada sebagian tamu yang nggak kebagian?

Itulah beberapa langkah cerdas untuk menghemat pengeluaran catering pernikahanmu. Pada basicnya pemilihan awal catering pernikahan di Jakarta akan sangat menentukan penghematan budget kalian. Pemilihan catering murah di Jakarta tentunya tidaklah segampang itu, karena biasanya pasti ada maksud lain tersembunyi di balik kata “murah”.

Salah satu jasa catering di Jakarta yang memang sudah tidak diragukan lagi murahnya adalah berkah catering Jakarta. Jasa catering yang terspesialisasi dalam catering pernikahan ini memanglah sudah mengantongi segudang pengalaman dengan harga yang sangat terjangkau. Selain menangani wilayah jakarta, berkah catering juga berperan sebagai jasa catering pernikahan di Tangerang , depok, bogor dan catering di bekasi. Untuk info detail lebih lanjut kalian bisa hubungi 0811-322-7766.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s